Random Post

Recent Post
Home » , , » ARP (Address Resolution Protokol)

ARP (Address Resolution Protokol)


Dalam jaringan komputer, Address Resolution Protocol (ARP) adalah metode untuk menemukan host alamat hardware saat hanya dengan Jaringan Layer alamat dikenal. ARP didefinisikan dalam RFC 826. [1] Ini adalah saat ini Standar Internet (STD 37). ARP merupakan bagian dari protokol IP pada network layer
ARP digunakan untuk mengubah alamat IP menjadi alamat Ethernet (sebenarnya tidak selalu harus Ethernet). Pengubahan alamat ini hanya digunakan untuk packet IP yang keluar, karena hal ini terjadi pada IP header dan Ethernet header yang di ‘create’. Ketika sebuah node mengirim packet menggunakan IP, node tersebut perlu menentukan alamat (Ethernet) yang mana dalam network tersebut yang menjadi alamat tujuan.
Ingat bahwa Ethernet berada pada layer di bawah IP layer, sehingga untuk di transmisikan pada layer physical, maka alamat Ethernet itulah yang akan dikenal pada jaringan Ethernet itu sendiri.
Untuk menemukan alamat fisik Ethernet nya (contoh = 08 00 39 00 2F C3), node tsb mem-broadcast sebuah paket ARP yang berisi alamat IP tujuan ke semua nodes dalam network itu (lihat gambar bawah). ARP meminta “jika alamat IP cocok dengan alamat tujuan yang dimiliki oleh alamat Ethernet, katakan alamat Ethernet mu”. Kemudian node yang ‘membalas’ request tadi akan mengirim kembali alamat fisik Ethernet kepada node requester (peminta). Karena mekanismenya seperti ini, maka setiap node akan menyimpan sebuah tabel ARP. Setelah alamat Ethernet diketahui, maka komunikasi dapat dilangsungkan.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Other Post

Other Post
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gommbang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger