Random Post

Recent Post
Home » , , » Istilah Pada Hardware Computer

Istilah Pada Hardware Computer

M E M O R Y


Buffered

Buffered ini maksudnya menambahkan komponen logika tambahan, atau driver kedalam sebuah SIMM atau DIMM untuk meningkatkan arus keluaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat dari proses kapasitansi. Modul memory yang termasuk jenis “buffered”, biasanya memiliki chip-chip buffer kecil yang terpasanga pada modul tersebut.


Burst Mode

Adalah satu tekhnik transfer data secara terus menerus yang secara otomatis menghasilkan sebuah blok data (dalam bentuk barisan alamat tak terputus/ serial), untuk setiap kali processor meminta satu alamat dari memory. Dengan asumsi, data yang ada pada alamat berikutnya akan berbentuk sekuansi dengan data pada alamat sebelumnya. Teknik ini dapat diimplementasikan untuk operasi read maupun write.


CAS

(column Address select/ strobe) adalah sebuah pin pengontrol yang ada pada sebuah chip DRAM yang digunakan untuk memilih dan mengaktifkan alamat-alamat kolom pada memory. Sebuah kolom yang dipilih pada DRAM, ditentukan oleh data yang berbeda pin-pin alamat ketikan CAS menjadi aktif.


CAS Letency

Meryupakan delay atau waktu tunda dari kecepatan sebuah memory sewaktu mentransfer sebuah data ke CPU. Jadi, semakin nilai latency yang digunakan, menandakan memory berkecepatan lebih tinggi yang yang responnya lebih cepat serta transfer rate yang lebih besar. Umumnya memory dengan letency 2 bermutu lebih baik dibanding dengan Letency 3.

Chipset Module

Adalah deretan chip yang terdapat pad kepingan memory. Biasanya sebuah kapasitas dalam satu keping memory tergantung pada berapa banyak kapasitas data yang dapat tertampung pada sebuah chipset dikali berapa buah chipset tersebut melengkapi keping memory.

Heat Spreader

Pelindung modul chipset pada keping memory dari listrik statis yang terdapat pada tubuh manusia saat dilakukan pemasangan maupun pencopotan keping memory tersebut dari slotnya. Heat spreader ini juga berfungsi sebagai alat pendingin untuk modul chipset jika terjadi overheat.

Lifetime Warranty

Garansi yang diberikan oleh produsen sebuah produk pripheral untuk masa pemakaian tanpa batas.

Pin

Adalah alur-alur dari dan ke kaki modul chipset yang menghubungkan output transfer data maupun arus ke mothrboard. Biasanya deretan pin yang terdapat pada sebuah papan PCB di dalam sebuah kepingan memory juga merupakan sebuah identitas pada untuk jenis keping memory tersebut. Misalnya jumlah pin yang terdapat pada memory DDR1 tidak akan sama degan jumlah alur pin yang terdapat pada memory DDR2.


O P T I C A L D R I V E


Acsses Times

Waktu yang digunakan untuk berpindah ke posisi tertentu kemudian membaca satu sektor. Itulah sebabnya access time lebih besar dibanding seek time.

Burn

Merekam Informasi/ data ke media optikal, baik CD maupun DVD.


Burst

Cara pengiriman data dengan cara menggumpulkan informasi, kemudian dikirimkan sebagai unit yang besar dalam sebuah jalur berkecepatan tinggi.


DAE (Digital Audio Extraction)

Suatu proses atau teknologi yang memungkinkan mengubah CD audio menjadi audio digital, seperti Mp3, WMA, OGG, dan lain-lain.


DAO (Disk At Once)

Proses perekaman CD dalam sekali proses hingga selesai.

RAW

Metode atau proses perekaman data ke media Cd tanpa melakukan pengoreksian. Contohnya sebuah data pendek akan dikirimkan smart way oleh shofware burning. Selanjuitnya dituliskan ke dumb way oleh perekam. Data tidak akan dikoreksi atau diperbaiki. Jadi jika metode ini digunakan, kerusakan data yang terdapat pada CD orisinal akan terekam juga pada copyannya.

Seek Times

Waktu yang dibutuhkan untuk berpindah ke posisi tertentu.

SAO (SAO)

Salah satu metode perekaman pada CD Audio dalam sekali rekam (sesi).


TAO (TAO)

Pemberian delay selama 2 detik diantara track lagu saat dilakukan perekaman Cd Audio secara otomatis. Metode perekaman ini juga disebut dengan multisession.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Other Post

Other Post
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gommbang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger