Random Post

Recent Post
Home » , , » Mode Operasi Cipher Blok

Mode Operasi Cipher Blok

Cipher blok adalah algoritma yang datanya dibagi kedalam blok-blok berukuran sama dan proses enkripsi dilakukan pada setiap blok tersebut. Dalam cipher blok masih ada kemungkinan dihasilkannya suatu cipherteks yang sama dari plainteks yang sama yang akan mengurangi tingkat keamanan algoritma enkripsi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu mekanisme tambahan untuk meningkatkan tingkat keamanannya yaitu dengan penggunaan berbagai mode operasi dalam cipher blok.
 
Mode operasi yang sering digunakan oleh algoritma cipher blok adalah CBC (Cipher Block Chaining). Dalam CBC, plainteks di-XOR dengan cipherteks dari blok sebelumnya, kemudian hasilnya dimasukkan ke dalam algoritma enkripsi dan menghasilkan cipherteks. Kelemahan dari mode operasi CBC adalah prosesnya yang sekuensial. Untuk melakukan enkripsi dari suatu blok harus menunggu cipherteks dari hasil enkripsi blok yang sebelumnya. Sehingga hal ini bisa menimbulkan penundaan (delay).

Salah satu mode operasi cipher blok yang bisa beroperasi seperti cipher aliran adalah mode operasi Counter. Mode operasi ini menghasilkan sebuah blok keystream dengan cara mengenkripsi nilai dari sebuah fungsi penghitung (“counter”). Counter ini berupa fungsi yang menghasilkan suatu rangkaian nilai yang pasti berbeda satu dengan yang lain untuk waktu yang lama. Dengan kata lain, untuk semua enkripsi blok dengan masukan suatu kunci tertentu, nilai counter yang dihasilkan selalu unik.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Other Post

Other Post
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gommbang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger