Random Post

Recent Post
Home » , , » KRIPTOGRAFI

KRIPTOGRAFI

      Kriptografi adalah suatu teknik yang digunakan untuk menjamin aspek keamanan dari pertukaran data, seperti kerahasiaan data, kebenaran data, integritas data, serta autentikasi data [RIN07]. Untuk menjamin keamanan pertukaran data, dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan proses penyandian dengan menggunakan algoritma sandi. Proses penyandian dilakukan agar data yang dikirim tidak dapat dimengerti oleh pihak lain selain yang memiliki akses terhadap data tersebut. Dalam proses penyandian terdapat dua konsep utama yaitu enkripsi dan dekripsi.

      Enkripsi adalah proses yang mengubah data atau informasi yang akan dikirim menjadi bentuk yang hampir tidak dikenali sebagai informasi awalnya. Enkripsi biasanya dilakukan sebelum data atau informasi tersebut dikirimkan. Dalam kriptografi, data atau informasi yang dapat dimengerti maknanya dikenal dengan plainteks (plainteks) atau teks-jelas (cleartext) sedangkan informasi yang telah tersamarkan tersebut dikenal dengan cipherteks (cipherteks) [RIN07]. Untuk meningkatkan keamanan enkripsi informasi, pada proses enkripsi tersebut ditambahkan kunci. Dekripsi adalah kebalikan dari enkripsi.

       Kunci yang digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi bisa sama atau berbeda. Jika kunci yang digunakan berbeda, dikenal dengan kriptografi kunci publik. Sebaliknya, jika kunci yang digunakan sama, disebut juga kriptografi kunci simetri. Dalam makalah ini digunakan mekanisme kunci simetri.




Share this article :

1 komentar:

  1. Kami juga mempunyai artikel yang terkait implementasi kriptografi, bisa di download disini:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3116/1/IMG_0041.pdf
    semoga bermanfaat :D

    BalasHapus

Other Post

Other Post
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Gommbang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger